Sabtu, 11 Desember 2010

Perubahan kebudayaan masa lalu, sekarang, dan masa depan


Kebudayaan masa lalu adalah kebudayaann yang masih terikat dengan adat istiadat atau kepercayaan pada leluhur, sehingga pada masyarakat terikat satu ikatan yang diwariskan secara turun temurun. Ada ciri-ciri tertentu pada masyarakat lampau yaitu, hubungan langsung dengan alam, kehidupan dalam konteks agraris, dan tidak memmpunyai tempat tinggal yang tetap atau berpindah-pindah.
Kebudayaan masa kini relatif bebas dari kekuasaan adat istiadat lama. Sebagian besar warga mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban dunia masa kini. Ciri-cirinya adalah mereka mampu mengendalikan alam dengan pengetahuan yang menunjang kehidupan yang lebih baik. Selain itu mereka juga hidup dari sektor perdagangan, kepariwisataan, dan jasa lainnya, mereka juga mempunyai sarana telekomunikasi yang lebih baik dan juga canggih.
Kebudayaan masa yang akan datang akan lebih modern, karena masyarakat sudah mengembangkan kebudayaan-kebudayaan dari masa lampau dan masa kini, sehingga menciptakan kebudayaan yang lebih baru dan mutakhir. Ciri-cirinya adalah segala sesuatu lebih terlihat cangih dan serba praktis ( tidak memakan waktu banyak ), tekhnologi sering sekali digunakan dalam aktifitas sehari-hari.
Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahhnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat.
Perubahan sosial budaya terjadi karena adanya beberapa faktor. Diantaranya, komunikasi, cara berfikir masyarakat, faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinyakonflik revolusi, dan faktor external seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar